Rabu, 22 Juni 2016


1. Galaksi adalah suatu sistem bintang yang jumlahnya miliaran.
2. Sistem tata surya terdiri atas Matahari sebagai pusat tata surya, dikelilingi oleh planet dan benda-benda kecil yang terletak antarplanet, yaitu asteroid, komet, dan meteoroid.
3. Planet adalah benda gelap dalam tata surya yang dapat dilihat karena sebagian cahaya Matahari yang dipantulkan planet mengenai mata manusia.
4. Di dalam sistem tata surya terdapat 8 Planet, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
5. Pengelompokan planet berdasarkan bumi sebagai pembatas, dibagi menjadi dua, yaitu planet imferior dan planet superior. Planet inferior adalah planet-planet yang orbitnya terletak di antara Matahari dan Bumi, yaitu Merkurius dan Venus. Planet superior adalah planet-planet yang orbitnya berada di luar orbit bumi, yaitu Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
6. Pengelompokan planet berdasarkan sabuk asteroid (terletak antara Mars dan Yupiter) sebagai pembatas dibagi menjadi dua, yaitu planet dalam dan planet luar. Planet dalam adalah planet-planet yang orbitnya terletak di sebelah dalam sabuk asteroid, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Sedangkan, planet luar adalah planet-planet yang orbitnya berada di sebelah luar sabuk asteroid, yaitu Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
7. Pengelompokan planet berdasarkan ukuran dan komposisi bahan penyusun dibagi menjadi dua, yaitu planet terrestrial (planet kebumian) dan planet Jovian. Planet terrestrial adalah planet yang tersusun atas batuan (mirip Bumi), yaitu Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Planet Jovian adalah planet-planet berukuran besar dan komposisi penyusunnya berupa es dan gas hidrogen, yaitu Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
8. Perihelium adalah posisi planet paling dekat dengan Matahari.
9. Aphelium adalah posisi planet paling jauh dengan Matahari.
10. Hukum I Keppler : setiap planet bergerak dalam orbit ellips mengelilingi Matahari, dimana Matahari berada di salah satu titik fokus ellips.
11. Hukum II Keppler : dalam selang waktu yang sama luas juring yang dilintasi planet terhadap matahari adalah sama.
12. Gaya gravitasi antara Matahari dan planet adalah gaya tarik menarik antara Matahari dan planet yang besarnya berbanding lurus dengan massa planet dan Matahari, serta berbanding terbalik dengan kuadrat jarak keduanya.
13. Periode revolusi planet adalah selang waktu sebuah planet untuk bergerak satu kali mengelilingi Matahari.
14. Semakin besar jari-jari orbit planet, periode revolusi planet semakin lama.
15. Semua planet berevolusi secara langsung, yaitu gerak berlawanan dengan arah jarum jam atau arah timur (dari barat ke timur) jika dipandang dari luar angkasa, kecuali Venus dan Uranus.
16. Periode rotasi planet adalah selang waktu sebuah planet untuk bergerak satu kali mengitari porosnya sendiri.
17. Satelit alamiah (bulan) adalah benda kecil yang mengitari sebuah planet sebagai pengiring.
18. Planet yang tidak memiliki satelit alam adalah Merkurius dan Venus.
19. Asteroid (planetoid) adalah bongkahan batuan yang terdapat dalam sabuk asteroid.
20. Komet/bintang berekor/bintang berambut panjang adalah benda antarplanet berupa bongkah es dan partikel debu yang bergerak mengelilingi Matahari dengan orbit ellips pipih (sangat lonjong).
21. Meteoroid adalah batuan-batuan berukuran mulai dari ukuran biji padi sampai dengan ukuran gerbong kereta yang terdapat dalam ruang antarplanet.
22. Meteor atau bintang jatuh adalah meteoroid yang bergesekan dengan atmosfer saat menuju bumi sehingga menghasilkan pijar berupa garis cahaya di langit.
23. Meteorit adalah sisa-sisa batuan meteoroid yang mencapai permukaan bumi.
24. Matahari merupakan salah satu bintang.
25. Susunan lapisan-lapisan Matahari: inti Matahari, fotosfer (lapisan cahaya), dan atmosfer Matahari.
26. Atmosfer Matahari tersusun atas dua lapisan. Lapisan bawah, yaitu kromosfer atau bola warna. Lapisan atas, yaitu korona atau mahkota.
27. Bentuk Bumi mirip seperti jeruk besar, yaitu agak pepat di kedua kutubnya dan agak menggelembung di sekitar khatulistiwa.
28. Periode rotasi Bumi adalah 1 hari atau 24 jam (tepatnya 23 jam 56 menit 4,09 detik).
29. Akibat dari rotasi bumi yaitu pergantian siang dan malam hari, gerak semu harian benda langit, penggembungan di khatulistiwa dan pemampatan di kedua kutub, dan adanya perbedaan waktu.
30. Bumi berevolusi mengitari Matahari selama 365 1/4 hari (tepatnya 365 hari 6 jam 9 menit 10 detik).
31. Akibat adanya revolusi bumi yaitu pergantian musim, perubahan lamanya siang dan malam, gerak semu tahunan Matahari, dan terlihat rasi bintang yang berbeda dari bulan ke bulan.
32. Satelit buatan adalah satelit yang sengaja dibuat oleh manusia.
33. Satelit buatan akan mengorbit pada satu dari 4 orbit berikut, yaitu orbit polar, orbit geostasioner, orbit eksentrik, dan orbit lingkaran.
34. Bumi terdiri atas tiga bagian utama yaitu litosfer, hidrosfer, dan atmosfer.
35. Litosfer tersusun atas batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf.
36. Pelapukan adalah pemecahan batuan pada atau di dekat permukaan Bumi.
37. Pelapukan ada 2, yaitu pelapukan mekanik dan pelapukan kimia. Pelapukan mekanik, yaitu proses pemecahan batuan besar menjadi kecil, dan batuan kecil menjadi halus tanpa ada perubahan kimia pada mineral-mineral penyusunnya. Sedangkan pelapukan kimia merupakan suatu proses pemecahan batuan besar menjadi kecil, dan batuan kecil menjadi halus disertai perubahan kimia pada mineral-mineral penyusunnya.
38. Mass wasting adalah pemindahan material batuan yang sudah melapuk menuruni lereng ke bawah akibat pengaruh gaya gravitasi.
39. Erosi adalah proses pengangkutan material batuan, baik yang sudah melapuk maupun belum melalui agen yang bergerak, seperti air, angin, dan es.
40. Lapisan atmosfer Bumi terdiri dari stroposfer (lapisan paling dekat dengan permukaan bumi) dan stratosfer (lapisan ozon berada).
41. Efek rumah kaca adalah peristiwa pemanasan Bumi oleh gas-gas rumah kaca.
42. Pemanasan global yaitu peristiwa meningkatnya suhu Bumi akibat efek rumah kaca.
43. Konsekuensi terjadinya pemanasan global antara lain: naiknya permukaan air laut, curah hujan dan aliran air berubah, beberapa tumbuhan dan hewan laut tak dapat bertahan hidup, dan berubahnya pola cuaca.
44. Hujan asam adalah hujan yang terjadi jika di atmosfer Bumi banyak mengandung NOx dan SO2.
45. Akibat hujan asam: bangunan dan monumen yang terbuat dari marmer akan lapuk oleh hujan asam, logam mudah berkarat, hutan akan mati, dan sebagainya.
46. Pengaruh proses-proses di atmosfer terhadap kesehatan: penipisan lapisan ozon dan pencemaran udara.

2 komentar:

Curte aĆ­!

Diberdayakan oleh Blogger.

Arquivo do blog

Visitors

Popular Posts